Sabtu, 27 Februari 2010

resume malam minggu

Marah bagai api yang tersembunyi. Kendalikan marah dengan memandang kepada Allah, dengan dzikrulloh. Terkadang kita tidak kuat tapi itu adalah ujian. Nabi tidak pernah marah kecuali marah karena Allah. Ada ghodhobussyaithon ada juga ghodhobulloh. Seorang suami marah pada istri karena istri tidak mau beribadah, itu contoh marah karena Alloh.

Di jaman jahiliyah orang tua apalagi yang disegani, akan malu apabila istrinya melahirkan bayi wanita.Islam merevolusi tentang hal itu dengan mengatakan kullu mauludin yuladu alal fithroh. Wanita juga tersanjung dalam islam dengan satu surah dalam alqur'an yang disebut annisa'. Dalam islam wanita boleh untuk meniti karir. Sayyidah Aisyah pernah menjadi panglima perang dalam perang jamal.

Innama bu'itstu liutammima makarimal akhlaq, akhlaq artinya berbeda dengan etika lokal atau adat. Akhlaq islam bersifat universal yang seluruh dunia bisa menerima contohnya adalah ucapan Assalamualaikum.Pada saat imam malik diberikan salam oleh raja "assalamu alaikum warohmatulloh wabarokatuh, beliau menjawab 'wa alaikum salam wa barokatuh" raja bertanya kenapa tidak mengucap warohmatullohi, imam malik beralasan, cukuplah wabarokatuh karena anda belum dirahmati karena masih belum adil. kesimpulanya assalamu alaikum bukan sekedar ucapan tapi do'a yang ada maknanya. dua orang saling bersalam artinya dua orang itu telah berkomitmen untuk saling menyelamatkan.

Tidak ada komentar: