Jumat, 26 Maret 2010

NUR, ILMU, ILHAM, FIKIR. AKAL

Kecerdasan intlektual adalah nur yang sampai ke dinding hati. Kecerdasan spiritual adalah nur yang sampai masuk kedalam hati. Kecerdasan jiwa adalah apabila nur itu menerangi jiwa orang itu. Ilmu itu bisa lewat belajar bisa lewat ilham. Ilham bisa berupa ilhamul haq bisa berupa ilham am. Ilhamul haq berbanding dengan ilhamul bathil. fa alhamaha fujuroha wa taqwaha. Fujur maksudnya ilhamul bathil dan taqwa adalah ilhamul haq. Maling bisa jadi lebih cerdas dari pada yang mengawasi. Iblis bisa jadi lebih cerdas daripada malaikat.
Ilmu itu bisa lewat mimpi, mimpi bisa berupa ilmu yang bisa dita'wilkan sebagai tanda. Mimpi bagi auliya' adalah ilhamul haq. Mimpi bagi ambiya' adalah wahyu.

Nur yang sampai masuk ke dalam hati adalah ilmu agama, yang memeantul bukan ke fikir tapi ke akal. dalam alqur'an ada dua istilah afala tatafakkarun dan afala ta'qiluun. Ta'qiluun itu muatan spiritualitas.Fikir itu sifatnya umum, semua mahluk termasuk hewan itu mempunyai fikir.Fikir itu untuk memelihara jasmaninya dan untuk menyemarakkan dunia.

Cinta itu adalah sifat dan wujud diriNya. Wujudnya adalah arrohman arrohim, cinta itu rohman nggak pilih kasih.

la tasihhul ibadah illa bima'rifatil ma'bud

Tidak ada komentar: